Plus

MTF Raih Dana Rp 858 Miliar dari Penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020

MTF Raih Dana Rp 858 Miliar dari Penerbitan Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020

Jakarta, 7 Agustus 2020. Perusahaan pembiayaan PT Mandiri Tunas Finance (MTF) berupaya mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan kendaraan bermotor secara selektif dan berhati-hati, serta berupaya mempertahankan posisi perusahaan tetap kuat terutama dari sisi finansial. Untuk itu, MTF menambah permodalan melalui penerbitan obligasi melalui Penawaran Umum Berkelanjutan dengan nama “Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020”.

Direktur Keuangan MTF Armendra menjelaskan, “Sambutan positif dari pasar atas penawaran Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020 ini, merupakan wujud kepercayaan dunia investasi kepada industri multifinance, khususnya kepada Mandiri Tunas Finance. Jumlah obligasi senilai Rp858 miliar tersebut sejalan dengan kebutuhan likuiditas Perusahaan saat ini.”

Dalam Informasi Tambahan dan/atau Perbaikan Prospektus Ringkas yang dipublikasikan pada 7 Agustus 2020, Perseroan menjelaskan bahwa penerbitan Obligasi senilai total Rp 858 miliar tersebut terdiri dari dua seri, yaitu Obligasi Seri A dan Seri B. Obligasi Seri A memiliki jumlah pokok sebesar Rp472 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,00% per tahun dan berjangka waktu 3 (tiga) tahun. Sedangkan Obligasi seri B memiliki jumlah pokok sebesar Rp386 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,60% per tahun dan berjangka waktu 5 (lima) tahun. Pembayaran obligasi seri A maupun seri B, dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% (seratus persen) dari jumlah pokok.

Bunga Obligasi dibayarkan setiap 3 (tiga) bulan sejak Tanggal Emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing Bunga Obligasi. Pembayaran Bunga Obligasi pertama akan dilakukan pada tanggal 13 November 2020, sedangkan pembayaran Bunga Obligasi terakhir sekaligus jatuh tempo Obligasi masing-masing adalah pada tanggal 13 Agustus 2023 untuk Obligasi Seri A dan 13 Agustus 2025 untuk Obligasi Seri B. Pembayaran Obligasi dilakukan secara penuh (bullet payment) pada saat jatuh tempo.

Obligasi Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2020 ini telah mendapat pernyataan efektif pada 6 Agustus 2020, memasuki masa penawaran pada 10 Agustus 2020, dengan tanggal penjatahan 11 Agustus 2020. Distribusi obligasi secara elektronik akan dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2020 dan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2020. Penerbitan obligasi ini didukung antara lain oleh PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai wali amanat. Obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan V Mandiri Tunas Finance dengan target dana yang akan dihimpun sebesar Rp 5 triliun.