Plus

Tips Aman Transaksi

Tips Aman Transaksi

Selasa, 25 Oktober 2022

Keamanan Transaksi Digital

Transaksi keuangan digital yang dilakukan melalui mesin EDC maupun melalui channel jaringan internet bukanlah hal yang asing lagi. Namun, seiring dengan maraknya kejahatan-kejahatan keuangan, membuat masyarakat khawatir terhadap dalam menggunakan transaksi keuangan digital.

Waspadai berbagai modus kejahatan transaksi digital

Kejahatan transaksi digital yang saat ini sering terjadi menggunakan Teknik social engineering, yaitu manipulasi melalui interaksi social dengan memanfaatkan kelengahan manusia sehingga konsumen dan masyarakat secara tidak sadar memberikan informasi rahasia kepada pelaku kejahatan.


Lembaga jasa keuangan merupakan industri dengan phising paling tinggi. Oleh karena itu, waspadai orang atau organisasi yang menggunakan media komunikasi seperti telepon, social media, email, situs, SMS, dan lain-lain untuk meminta informasi data pribadi seperti nama, tanggal lahir, nama ibu kandung, kata sandi dan data sensitif lainnya.


Selain itu, pelaku phising juga menghubungi nasabah dan mengaku sebagai representative Lembaga jasa keuangan atau orang yang dikenal, dengan modus pembaruan data konsumen ataupun penawaran suatu hadiah, sehingga nasabah percaya untuk membuka informasi rahasia tersebut. Selain itu dapat juga melalui penyadap terhadap komunikasi yang dilakukan nasabah melalui malware atau virus computer yang ditanamkan di perangkat nasabah.

 

Transaksi dengan Mandiri Tunas Finance aman dan terjamin

MTF berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan segala transaksi konsumen. Setiap transaksi tentu memiliki risiko termasuk transaksi digital. Namun Sebagian besar risiko dapat dimitigasi dengan pemahaman yang benar tentang cara bertransaksi yang aman. Prinsip yang ditekankan sangat sederhana dan mudah diingat: HATI-HATI, TELITI, dan KONFIRMASI.

Hati-Hati!

Hindari klik tautan yang mencurigakan dari website, email, atau pesan dari orang yang tidak anda kenal. Selalu periksa identitas pengirim pesan untuk memastikan pesan tersebut sah dari akun ecommerce Anda. 

Hindari menyampaikan informasi data pribadi kepada orang tidak dikenal atau nomor telepon yang tidak dikenal. 

Hindari login diperangkat yang bukan milik anda. Gunakan perangkat komunikasi / mobil pribadi saat bertransaksi online untuk mengurangi risiko pencurian password dan pribadi lainnya.

 

Teliti!

Pastikan alamat situs yang anda akses adalah resmi milik Lembaga jasa keuangan ataupun situs belanja online yang benar untuk menghindari pencurian data. Tips : lakukan perbandingan dengan hasil google/bing/yahoo search untuk lebih memastikan alamat yang anda akses adalah alamat yang resmi. 

Awasi selalu gawai/device anda. Logout semua akun ecommerce sebelum melakukan perawatan/backup dan jangan berikan userId/password kepada teknisi.

 

Konfirmasi!

Segera hubungi Call Center Mandiri Tunas Finance 1500059 untuk konfirmasi kebutuhan Anda.